IMPLEMENTASI SISTEM BIMBINGAN SKRIPSI BERBASIS WEB PADA PRODI TEKNIK INFORMATIKA

Dwi Oktafiantoro
Mukhamad Nurkamid
Rizkysari Mei Maharani

Abstract


Sistem bimbingan skripsi yang efektif sangat penting bagi mahasiswa teknik informatika dalam menyelesaikan tugas akhir mereka. Namun, proses bimbingan skripsi seringkali menemui kendala seperti jadwal yang tidak fleksibel, keterbatasan ruang dan waktu, serta kesulitan dalam berkomunikasi antara dosen pembimbing dan mahasiswa. Oleh karena itu, implementasi sistem bimbingan skripsi berbasis web sangatlah penting untuk memfasilitasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi.Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem bimbingan skripsi berbasis web pada program studi Teknik Informatika. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode waterfall dan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta MySQL sebagai database. Sistem ini memungkinkan mahasiswa untuk memilih dosen pembimbing, mengajukan jadwal pertemuan, dan mengunggah dokumen-dokumen terkait skripsi secara online. Selain itu, dosen pembimbing juga dapat memberikan masukan dan memberikan feedback melalui sistem.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem bimbingan skripsi berbasis web yang diimplementasikan sangat membantu dalam mempercepat proses bimbingan skripsi dan meningkatkan interaksi antara dosen pembimbing dan mahasiswa. Hal ini juga memberikan kemudahan dalam memantau perkembangan skripsi dan memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh informasi seputar skripsi secara online.

 

Kata kunci: Sistem Bimbingan Skripsi, Berbasis Web, Teknik Informatika, Jadwal Pertemuan, Dokumen Skripsi.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kurniawan, S. R. and Dinata, Y. M. (2019) ‘Rancang Bangun Website Marketplace Untuk Transaksi Figure dan Model Kit Bekas Menggunakan Framework CodeIgniter’, 05(01), pp. 32–41.

Putra, M. Y. (2020) ‘Cara sitasi: Putra MY. 2020. Responsive Web Design Menggunakan Boostrap Dalam Merancang Layout Web’, Information System for Educators and Professionals, 5(1), pp. 61–70.

Suhartini, Sadali, M. and Putra, Y. K. (2020) ‘Sistem Informasi Berbasis Web Sma AlMukhtariyah Mamben Lauk Berbasis Php Dan Mysql Dengan Framework Codeigniter’, Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi, 3(1), pp. 79–83.

Wahyudi, R., Utami, E. and Arief, M. R. (2016) ‘Sistem Pakar E-Tourism Pada Dinas Pariwisata D . I . Y Menggunakan’, Jurnal Ilmiah DASI, 17(2), pp. 67–75.




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v3i2.10192

Article Metrics

Abstract views : 373| PDF views : 232

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.