ANALISIS PERBANDINGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) DAN SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHT) DALAM PEMILIHAN TEMPAT USAHA

Muhammad Yusuf Firmansyah
Alif Catur Murti
Ratih Nindyasari

Abstract


Pemilihan tempat usaha adalah keputusan krusial yang dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis. Bisnis akan lebih dikenal dan dilihat oleh pelanggan jika berada di lokasi yang tepat dan mudah dijangkau. Dalam penelitian ini, tiga metode perankingan yaitu Analytic Hierarchy Process (AHP), Simple Additive Weighting (SAW), dan Hybrid AHP-SAW digunakan untuk membandingkan alternatif lokasi berdasarkan kriteria tertentu. Hasil perankingan menunjukkan bahwa meskipun terdapat perbedaan dalam peringkat yang diberikan oleh masing-masing metode, terdapat konsistensi dalam menentukan alternatif terbaik dan terburuk antara SAW dan Hybrid AHP-SAW. Metode AHP dan Hybrid AHP-SAW mampu menghitung bobot kriteria dan mempertimbangkan preferensi pengguna, sementara SAW hanya mempertimbangkan preferensi pengguna. Metode AHP dan Hybrid AHP-SAW juga memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dalam perankingan, sementara SAW memiliki akurasi yang lebih rendah. SAW dan Hybrid AHP-SAW memberikan evaluasi yang lebih komprehensif dalam mengevaluasi alternatif berdasarkan kriteria yang ditentukan. Kesimpulan ini memberikan wawasan penting dalam pemilihan tempat usaha dan dapat digunakan sebagai panduan bagi pemilik usaha untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Keywords


analytic hierarchy process (AHP), simple additive weighting (SAW), dan hybrid AHP-SAW, pemilihan tempat usaha.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v3i2.10455

Article Metrics

Abstract views : 303| PDF views : 387

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.