CLUSTERING PENGGUNAAN INTERNET PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA TERNATE TENGAH DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS

Hesti Sukmawati
Abdul Mubarak
Firman Tempola

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokan (clustering) penggunaan internet siswa Sekolah Dasar di Kota Ternate Tengah dengan menggunakan algoritma k-means dengan menentukan Sekolah-sekolah yang aktif menggunakan internet. Maka dari itu dengan adanya penelitian ini denganmenggunakan algoritma k-means clustering dapat sedikit membantu dalam memberikan informasi kepada para pihak Sekolah, Orang tua dan Masyarakat. Data yang diambil yaitu data penggunaan internet pada siswa Sekolah Dasar kelas v (lima) data yang diambil ditentukan berdasarkan kriteria yaitu sosial media, youtube, dan game. Metode evaluasi cluster menggunakan metode DBI (Davies Bouldin Index) untuk mengetahui seberapa baik cluster yang dipakai pada penelitian, penulis sudah melakukan perhitungan cluster  yaitu 3 cluster untuk menentukan hasil hitung hasilnya, hasil dari DBI yaitu 0,85. Hasil penelitian menggunakan 20 data penggunaan internet. Mana ada 4 data yang masuk pada cluster tiga (C3), 8 data yang masuk pada cluster dua (C2), dan 8 data yang asuk pada cluster satu (C1)

Keywords


Internet, Sekolah, Cluster, K-Means, Davies Bouldin Index

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). (2016) “Data Statistik Pengguna Internet Indonesia”

ASTRID KURNIA SHERLYANITA, NUR AINI RAKHMAWATI, (2016) “Pengaruh dan Pola Aktivitas penggunaan internet serta media sosial pada siswa SMPN 52 Surabaya” e-journal.unair.ac.id.

DESI PIBRIANA, DESY IBA RICOIDAPADA, (2017) “Analisis Pengaruh Internet Terhadap minat belajar mahasiswa” journalnasional.ump.ac.id.

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA TERNATE. (2017) “Data Sekolah Dasar Perkecamatan Di Kota Ternate” Disdiknas.ternatekota.go.id

EMIR MAULUDI HUSNI, AGUS FATULLOH,( 2016) “Kategorisasi pengguna internet di kalangan pelajar SD dan SMP Menggunakan metode Twostep Cluster” journal.uii.ac.id.

KAMARGA, H. (2002). Belajar sejarah melalui e-learning: Alternatif Mengakses Sumber Informasi Kesejarahan. Jakarta: Inti Media.

LANI SIDHARTA (1996) “Penggunaan Internet dan informasi internet” elib.unikom.ac.id.

PUSPITA ADIYANI CHANDRA. (2013) “Penggunaan internet Pada Anak-Anak Sekolah Usia 6-12 Tahun Di Surabaya” journal unair.ac.id.

PURNAMASARI. (2013) “Machine Learning cabang dari Kecerdasan Buatan” lintang staff. Gunadarma.ac.id

SYARIFUDDIN N KAPITA, DKK (2022), The Correlation Between Intensity and Objectives of Using The Internet Towards Students Learning Achievement Using Apriori Algorithm, MATEC Web of Conferences.




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v4i1.11476

Article Metrics

Abstract views : 98| PDF views : 64

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.