PEMBUATAN SISTEM APLIKASI ABSENSI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP MYSQL BALAI DESA KRAPYAK

Ahmad Faisal Adiansyah
Tutik Khotimah

Abstract


Pengembangan aplikasi absensi berbasis web untuk balai desa Krapyak menjadi inovasi penting dalam upaya meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia di tingkat desa. Aplikasi ini dirancang untuk memperbaiki efisiensi administrasi dengan mengurangi potensi kesalahan manual, meningkatkan transparansi, dan memperkuat akuntabilitas kehadiran pegawai. Dengan kemampuan pencatatan kehadiran dari berbagai lokasi, aplikasi ini memberikan fleksibilitas kepada pegawai, mendukung kegiatan pelayanan publik di luar kantor. Integrasi dengan data pelayanan publik memperkaya informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Keamanan data menjadi fokus utama untuk melindungi privasi individu dan integritas sistem. Dengan harapan dapat mengoptimalkan alokasi dana desa dan meningkatkan kualitas layanan, aplikasi ini tidak hanya menjadi alat administratif tetapi juga menjadi fondasi untuk transformasi positif dalam manajemen desa, menciptakan lingkungan kerja yang modern, transparan, dan efisien, dengan menggunakan bahasa Pemrograman PHP yang lumayan populer ini dapat memudahkan Programmer yang akan melanjutkan pengembangan aplikasi absensi yang masih banyak kakurangan dalam aspek keamanan web serta menggunakan Native PHP tanpa Framework akan menjadi masalah tersendiri dalam pengembangan aplikasi di masa mendatang, dan setelah pengembang aplikasi selanjutnya dapat menggunakan Framework Bootstrap yang layak dan menambahkan aspek efisensi dalam pengenmbangan aplikasi dan mudah digunakan, serta tentang keamanan data bisa dilakukan pengembangan dalam aspek keamanan database dengan membuat Database yang kompleks dan sulit di jangkau oleh orang yang tidak bertanggung jawab mengambil data yang ada di dalam Database, serta jikalau pengembang aplikasi ini dapat menambahkan aspek keindahan aplikasi dengan mengubah tampilan agar semakin menarik untuk dilihat oleh user juga memungkinkan dilakukan oleh pengembang aplikasi, selain dari aspek aplikasimya tidak lupa dengan adanya aplikasi absensi ini para pegawai dengan gampang menggunakan walaupun tidak sedang dalam kantor desa tersebut.


Keywords


Absensi;PHP;MYSQL

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulloh, Rohi. 2018. 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula. Cet. 3. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Elang Pramana Putra,Muhammad Rafi Athallah, Muhamad Irvan Vadilah, Saprudin. 2023. "Perancangan Sistem Absensi Pegawai Berbasis Web Pada Kantor Desa Cibentang Menggunakan Metode Waterfall." JURIHUM : Jurnal Inovasi dan Humaniora 116-123.

Enterprise, Jubilee. 2017. PHP Komplet. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Rikky Afrianto, Irvan, Husni Lubis. 2023. "Perancangan Aplikasi Absensi Karyawan Menggunakan Face Recognition pada Universitas Harapan Medan." Jurnal Pendidikan Tambusa VII: 5398-5404.

SARWONO, Jonathan. 2015. Bikin website Itu Mudah : Membuat, Mempromosikan, & Mengembangkan Website Pribadi & Bisnis / Jonathan Sarwono. Cet. 1. Jakarta: Mediakita.

Sidik, M. 2019. "Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode Research and Development." Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas 99–107.




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v4i2.12595

Article Metrics

Abstract views : 32| PDF views : 19

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.