PERANCANGAN E-KATALOG PARFUM BERBASIS WEBSITE PADA NAFISA PARFUME 2

Yudhistira Andre Pradana
Tri Listyorini

Abstract


Nafisa Parfume 2 yang merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dibidang penjualan parfume. Dengan segala macam produk parfum yang dimiliki, membuat UMKM ini mampu membuka cabang keduanya. Cabang kedua ini didirikan pada bulan Mei tahun 2020, yang berlokasi di desa Besito, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Memiliki 2 shift jam kerja yaitu pagi dan malam. Shift pagi dimulai dari jam 10.00 sampai dengan jam 16.00 WIB dilanjutkan dengan shift malam yang dimulai dari jam 16.00 sampai dengan jam 22.00 WIB. Struktur perusahaan hanyalah pemilik dengan karyawan. Pada laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang memiliki judul Perancangan E-Katalog Parfum Berbasis Website Pada Nafisa Parfume 2 membahas tentang apa saja yang diperlukan dalam pembuatan website ini dan tujuan dari pembuatan website ini. Website ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan Javascript ini berisikan profile dari pihak UMKM dimulai dari sosmed yang ada dan olshop yang dikelola kemudian ada alamat lokasi UMKM beserta produk produk yang dimiliki oleh UMKM. Disisi karyawan UMKM bisa menambahkan secara mandiri dengan smartphone melalui tautan website yang sudah dihosting, yang nantinya hasil inputan produk tersebut akan muncul di halaman utama sehingga dapat dilihat oleh konsumen yang tertarik akan produk tersebut. Pada bagian admin juga memiliki bagian untuk melakukan edit produk apabila terjadi kesalahan dalam menginput data, disertai dengan preview inputan secara langsung untuk memudahkan pihak UMKM dalam melakukan check ulang sebelum mengupload produk. Website ini dibuat untuk memberikan akses bagi publik untuk lebih mengenal pihak UMKM dan membantu memasarkan produknya.

Keywords


Parfum;UMKM;E-Katalog

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiansyah, N., 2019. Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Parfum Berbasis Website (Studi Kasus : Zahra Parfum). p. 12.

Aurellia, I. A. D., 2020. Sistem Informasi Company Profile Berbasis Website Pada Sekolah Dasar Negeri 26 Mataram. pp. 15-17.

Dharwiyanti, S. & Wahono, R. S., 2003. Pengantar Unified Modeling Language (UML). s.l.:IlmuKomputer.Com.

Fatchan, M., Firmansyah, A., Setyaningrum, R. P. & Hadikristanto, W., 2023. Implementasi E-Katalog di Marketplace UMKM Bekasi Mart. JLP: Jurnal Lentera Pengabdian, 1(1).

Halim, A., 2020. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2).

Iqbal, M., 2020. Pengaruh Pelaksanaan E Katalog Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Terhadap UMKM. Jurnal USM Law Review, 3(1).

Moh Muthohir, S. M., 2021. Mudah Membuat Web Bagi Pemula. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Pressman, R. S., 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. 1 ed. Yogyakarta: Andi.

Puteri, A. N. et al., 2024. Sistem Informasi E-Katalog Terintegrasi QRCode Berbasis Website untuk Pemasaran Produk Furniture. Jurnal Minfo Polgan, 13(1).

Ridlo, I. A., 2017. Panduan Pembuatan Flowchart. s.l.:Fakultas Kesehatan Masyarakat Departemen Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan.

Saputra, H. S., 2019. PERANCANGAN E-KATALOG BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI KOLEKSI PADA MUSEUM LAMPUNG.




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v4i2.12949

Article Metrics

Abstract views : 2| PDF views : 1

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.