Gharib QR Code Sebagai Media Peningkatan Pemahaman Tanda Baca Al-Qur’an di TPQ Safinatul Huda

Tika Khofidhotur Rofiah
Evanita Evanita
Hanik Hidayati
Ratih Nindyasari

Abstract


Tanda baca dalam  memiliki peran krusial dalam memahami konteks, makna, dan nuansa ayat. Pentingnya memahami tanda baca  disorot sebagai hal yang penting. Oleh karena itu, peningkatan pemahaman terhadap tanda baca  diharapkan dapat memperdalam penghayatan dan interpretasi teks suci, memajukan kualitas ibadah, serta menguatkan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Melalui penelitian ini diharapkan untuk bisa meningkatkan pemahaman tanda baca  melalui penerapan pembelajaran Gharib QR Code, pada TPQ Safinatul Huda sebagai studi kasus. Pembelajaran Gharib QR Code diintegrasikan sebagai strategi inovatif dan interaktif untuk meningkatkan pemahaman tanda baca . Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang efektivitas pembelajaran. Aplikasi pembelajaran yang dibuat berbasis website dengan pengembangan metode waterfall serta bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan JavaScript. Hasil akhirnya yaitu adanya sebuah media pembelajaran Gharib QR Code yang mencakup kontribusi pada metode pengajaran yang lebih efektif dan pengembangan materi pembelajaran yang lebih kontekstual, dengan tujuan meningkatkan pemahaman tanda baca.


Keywords


gharib, QR code, pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alifah, U. et al. (2022 Validasi Sertifikat dengan Sistem QR Code Dalam Kegiatan Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Jika, 142-143. Amdiana, S. (2021) ‘Strategi Reinforcement Guru Ngaji Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Gharib Musykilat Di TPQ Miftahul Huda Desa Sumbersuko Dringu Probolinggo’. Dellia, P., Mutiatun, S. And Amil, A.J. (2022) ‘Pengembangan Augmented Reality Museum Cakraningrat Bangkalan Berbasis Qr-Code’, Jurnal Teknoinfo, 16(2), p. 354. Available at: https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.1915. Halim, A. et al. (2022) ‘Pembelajaran di Taman Pendidikan Roudlotul Tholabah Dusun Jemparing Desa Pakel’, Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp. 50–54. Available at: https://doi.org/10.32764/abdimas_agama.v3i1.2556. Jamaluddin, S. (2020) ‘Implementasi Pemanfaatan Aplikasi QR Code dalam Proses Pembelajaran PPKn’, Jurnal Kreatif Online, 8(3), pp. 195–201. Lekamalage, C. et al. (2015) ‘Extreme Learning Machine for Clustering’, in Proceedings of ELM-2014 Volume 1 SE - 36, pp. 435–444. Available at: https://doi.org/10.1007/978-3-319-14063-6_36. Nasikhah, U. (2019) ‘Pembelajaran Baca Tulis Al-qu’an Di PAUD’, PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, II(2), pp. 143–150. Available at: http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/78/71. Ortiz, A. et al. (2013) ‘LVQ-SVM based CAD tool applied to structural MRI for the diagnosis of the Alzheimer’s disease’, Pattern Recognition Letters, 34(14), pp. 1725–1733. Available at: https://doi.org/10.1016/j.patrec.2013.04.014. Raihani, M. (2016) ‘Analisis Kemampuan Membaca Bacaan Gharib Dalam Pada Siswa Kelas Xi Di Man 1 Banda Aceh’, pp. 1–23. Wulansari, Ayu Aprilia, Y. et al. (2020) ‘Pemanfaatan Teknologi QR Code Sebagai Penambah Aktivitas Baca Siswa SMK Negeri 1 Donorojo’, 05(April).




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v4i2.13277

Article Metrics

Abstract views : 50| PDF views : 31

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.