SISTEM LAYANAN PENGAJUAN KREDIT PADA BMT AL HIKMAH SEMESTA CABANG DAWE DENGAN METODE SAW

Susilo Ery Wibowo
Endang Supriyati
Ratih Nindyasari

Abstract


BMT Alhikmah Semesta cabang Dawe merupakan koperasi simpan pinjam yang melayani pembiayaan syariah. Dalam proses pengajuan pinjaman hingga persetujuan pembiayaan masih dilakukan secara konvensional. Dengan berkembangnya sistem informasi yang terkomputerisasi, proses pengajuan dan proses analisa dapat lebih di efisienkan prosesnya. Yaitu dalam hal waktu proses pengajuan, proses analisa dan memilimalkan penggunaan kertas. Maka dari itu dibuat aplikasi Sistem Layanan Pengajuan Kredit Online. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam menganalisa tingkat kelayakan pemohon dalam menerima pinjaman yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP), Weighted Product (WP), Simple Additive Weighting (SAW). Metode yang digunakan dalam melakukan analisa pemohon adalah Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini merupakan salah satu metode dari Multi-Attribute Decision Making (MADM). Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada setiap atribut. Metode ini membutuhkan proses normalisasi matrik keputusan ke suatu skala yang dapaat diperbandingkan dengan semua rating alternatif maupun kriteria yang ada. Sehingga metode SAW mampu menghasilkan analisa alternatif terbaik dari masing-masing kriteria yang dilakukan proses perhitungan. Dalam hal ini alternatif yang dicari adalah yang layak menerima kredit.

Keywords


Sistem Pengajuan Layanan Kredit, AHP, SAW

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Muhtajuddin, D. 2015. “Sistem Informasi Pinjaman Dana Tunai Berbasis Web Dengan Menggunakan Database MySQL.” Jurnal Teknologi Pelita Bangsa Volume 3 Nomor 1 September 2015 ISSN : 2407-3903.

Fajri, Ika Nur. 2015. " Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Usaha Mikro Pada Bank Mandiri Gombong". Jurnal Teknologi Informasi. Vol . X Nomor 30 Nopember 2015 ISSN : 1907 -2430.

Hutahaean, Jeperson. 2014. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Indrajani. 2011. Perancangan Basis Data dalam All in 1. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Rahmawati, P. 2018. “Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web Pada Koperasi Inatn Abadi Banyuwangi.” Jurnal Teknologi Informasi. Vol. XIII Nomor 2 Juli 2018 ISSN : 1907-2430.

Siregar, C. 2014. "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Handphone Bekas Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)". Pelita Informatika Budi Darma. Volume : VI, Nomor: 1, Maret 2014 ISSN : 2301-9425.

Tanto. 2014. "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dengan Metode Simple Additive Weighting". Jurnal Sistem Informasi. Vol- 1 No.1 2014 ISSN: 2406-7768.




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v1i1.5512

Article Metrics

Abstract views : 36| PDF views : 68

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dialektika Informatika (Detika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

            

 

 

Dedicated to :