APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN DI KANTOR DESA HONGGOSOCO KABUPATEN KUDUS

Esti Wijayanti
Heru Saputro

Abstract


Pembuatan surat ini akan di implementasikan pada Kantor Kelurahan Desa Honggosoco yang bergerak di bidang Pelayanan Administrasi. Aplikasi Perangkat lunak ini dikembangkan melalui website karena apalikasi tersebut mudah untuk diakses warga sebagai upaya pelayanan masyarakat dalam membuat surat keterangan di Kantor Balai Desa Honggosoco.

Selama pengembangan perangkat lunak, website berbasis php dan mysql, dengan menggunakan metode waterfall pada tahapan analisis, merancang, implementasi, pengujian, dan perawatan. Aplikasi telah berhasil dikembangkan perangkat lunak Sistem Pelayanan Surat Keterangan Berbasis Web pada Kantor Desa Honggosoco. Kesimpulan dari keseluruhan proses adalah membantu dan mempermudah warga untuk mempermudah membuat surat keterangan tanpa banyak proses yang harus dihadapi

Keywords


Sistem Informasi,Layanan Administrasi, Surat Keterangan desa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Faqat, Haitami.2013. Pengertian Entity Relationship Diagram (ERD).http://kapanpunbisa.blogspot.com/2013/05/pengertian-entity-relationship-diagram.html (diakses tanggal 25 Februari 2020)

Fiati.,R., Wijayanti.,E.,2017. Ipteks bagi Masyarakat Kerajinan Miniatur di Desa Bacin Kab.Kudus, Laporan pengabdian Masyarakat , Universitas Muria Kudus.

Kesuma, Hendra.2015. Flow Of Document, Flowchart & System Context. https://kakakdikes.wordpress.com/2015/06/10/flow-of-document-flowchart-system-context/ (diakses tanggal 25 Februari 2020)

Hidayatullah, Syarif, Mulyadi, Cisde. 2015. Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa Candigatak Berbasis Web. Jurnal IT CIDA 1(1), 1-14.

Saputro H., Wijayanti, E., 2020. Rekayasa Perangkat Lunak Sebagai Syarat-Syarat Izin Mendirikan Bangunan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ) Kudus Dengan Metode V, Vol 1, No 2.

Prasetyo, Eko.2008. Pemrograman Web PHP & MySql untuk Sistem Informasi Perpustakaan.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Reza Septian, 2017. Analisa Dan Penrancangan Aplikasi Surat Desa Dengan Penerapan One Click Finish [skripsi]. Banda Aceh (ID), Universitas Syiah Kuala Darussalam




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v1i1.5519

Article Metrics

Abstract views : 165| PDF views : 110

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dialektika Informatika (Detika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

            

 

 

Dedicated to :