Sistem Monitoring Angkringan Untuk Konsinyasi Barang Berbasis Android

Fernanda Hendra Priyono
Muhammad Malik Hakim
Arief Susanto

Abstract


Angkringan atau merupakan sebuah istilah yang berasal dari Bahasa jawa yaitu angkring, angkring berarti alat dan tempat jualan makanan keliling yang dipikul serta terbentuk melengkung ke atas, yang biasa diliat di berabagai jalan di Indonesia Sebuah usaha kecil yang biasa dijalankan oleh masyarakat setempat untuk mendapatkan nafkah. Pada masa pandemic dimana banyak sekali perusahaan atau umkm yang tutup karena dampak covid-19. Maka dari itu munculah ide untuk membuat sebuah sistem penitipan barang ke sebuah tempat dimana usaha tersebut tidak membutuhkan banyak biaya. Pelaku usaha pada era sekarang ingin mempermudah penggunaan teknologi semaksimal mungkin, dimana pelaku usaha bisa mengatur atau memenejemen data angkringan, data barang, data penitipan, data penarikan lalu terdapat detail laporan. sistem ini dibangun menggunakan aplikasi Android Studio dengan menggunakan metode waterfall dan mendukung LBS (Location Based Service) sebagai titik pemetaan tempat angkringan yang ingin dituju dan GPS (Global Positioning System).


Keywords


angkringan, COVID-19, waterfall, LBS, GPS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akmal Nasution, I. K. (2019). Monitoring Stok Barang Menggunakan Teknologi Push Notifikasi Android. Journal Of Informatics and Electrical Engineering , Vol. 2 Issue 1.

Amrullah, A. (2009). Unified Modeling Language (UML). Bandung: Pustaka.

Hariyanto, B. (2003). Ensensi-esensi Bahasa Pemograman Java. Bandung: Informatika.

Muhtad Fadli, D. R. (2020). Sistem Monitoring Penjualan Bahan Bangunan Menggunakan Pendekatan Key Performance Indikator. Journal Of Social and Technology for Comunnity Service (JSTCS), 1-32.

Mulyanto, A. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Pringgo Juni Saputro, N. N. (2016). Pembuatan Sistem Layanan Penjualan Berbasis Dekstop Dilengkapi Monitoring Berbasis Android. Fountain Of Informatics Journal, Volume 2, No.2.

Safitri Jaya, S. M. (2015). Aplikasi Monitoring Inventory Obat Di Gudang PT Kimia Farma Berbasis Android. Vol 1. No.1.

Sandro Alfeno, A. S. (2018). Perancangan Antar Muka Aplikasi Monitoring Pembayaran Angrusan Kendaraan Bermotor Berbasis Android Pada PT Bentara Sinergies Multifinance. Jurnal Maklumatika, Vol. 5, 88-97.

Sholiq. (2006). Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suhendar, A. G. (2002). Visual Modelling Menggunakan UML dan Rational Rose. Bandung: Informatika Bandung.

Supardi, I. (2010). Semua Bisa Menjadi Progammer Java Basic Progamming. Jakarta: PT. Elex Media Computindo.

Rossa Agustin.2018. “Perancangan Aplikasi dan Pengealan dan Penjualan Batik Sasambo Nusa Tenggara Barat (NTB) Berbasis Android”. Skripsi. Fakultas Teknik. Program Studi Informatika. Universitas Teknologi Sumbawa, Sumbawa




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v1i2.5997

Article Metrics

Abstract views : 128| PDF views : 109

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dialektika Informatika (Detika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

                



Dedicated to :