PROTOTYPE JEMURAN PINTAR PENDETEKSI HUJAN DENGAN MENGGUNAKAN MICKROKONTROLER ATMEGA2560 BERBASIS WEBSITE

Bayu Adianto
Rina Fiati
Anastasya Latubessy

Abstract


Pada musim hujan masyarakat, khususnya kaum ibu merasa khawatir ketika menjemur pakaian. Kekhawatiran itu bukan tanpa alasan, sebab ketika bepergian para ibu meninggalkan jemuran di rumah dalam keadaan belum kering. Pada saat bersamaan,  keadaan rumah mereka dalam keadaan kosong karena semua penghuni rumah melakukan aktivitas masing-masing di luar rumah. Kekhawatiran yang sering muncul adalah jikalau hujan tiba-tiba turun dan di rumah tidak ada orang, maka pakaian yang dijemur akan kembali basah dan berpotensi memunculkan bau tidak sedap pada pakaian. Sehingga penulis berinisatif membuat jemuran otomatis yang dapat membuat pakaian yang dijemur tidak kehujanan Jemuran pintar ini di buat melalui tiga tahapan bagian input, proses, dan output. Bagian input terdapat sensor hujan untuk mendeteksi air, sensor suhu untuk mengukur suhu sekitar, sensor cahaya mendeteksi sensifitas cahaya yang nantinya sensor-sensor tersebut berguna sebagai alat pendeteksi dalam mengangkut dan mengeluarkan jemuran ke dalam rumah. Kemudian data di proses oleh Arduino atmega2560. Setelah proses selesai sistem akan menghasilkan keluaran atau output yaitu menarik dan mengelu arkan jemuran sesuai dengan perintah dari sensor lalu hasil data informasi cuaca yang dihasilkan oleh alat ini dikirimkan ke website melalui Node Mcu. Tujuan dari diciptakannya alat tersebut adalah agar memudahkan dalam mengangkut dan mengeluarkan jemuran ketika waktu hujan. Hasil yang yang diharapkan dari penelitian ini adalah menghemat tenaga manusia, dengan menggunakan sensor hujan dan sensor cahaya dalam menggerakan mesin pada jemuran otomatis. Memanfatakan sensor suhu dalam mengukur kelembapan sekitar rumah sehingga memudahkan masyarakat dalam monitoring dari jarak jauh melalui website apabila terjadi hujan maupun cuaca sedang cerah.


Keywords


Jemuran Pintar, Sensor Hujan, Sensor Suhu, Sensor Cahaya, Arduino, Website

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Heri, A.G. (2018). "Rancang Bangun Prototipe Penjemur Pakaian Otomatis Menggunakan Arduino Uno R3", Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2018 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 17 Oktober 2018, no. p- ISSN : 2407 – 1846.

Husna, R. dkk. (2020). “ Rancang Bangun Prototype Jemuran Berbasis Iot (Internet Of Things)”, Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer Vol.3 No.2 Maret 2020.

Lenni, dkk. (2018). “Rancang Bangun Atap Jemuran Pakaian Otomatis Menggunakan Sensor Hujan, Sensor Ldr, Sensor Infra Red Dan Remote Berbasis Arduino Uno R3”, DINAMIKA UMT, Volume II No. 2 Mei 2018 Hal 58-77, 2018.

Siswanto, D. dkk. (2015). “Jemuran Pakaian Otomatis Menggunakan Sensor Hujan Dan Sensor Ldr Berbasis Arduino Uno”, e-Jurnal NARODROID, Vol. 1, Surabaya, 2015.

Uddin, B. dkk. (2017) “Perancangan Prototipe Alat Buka Tutup Atap Otomatis Berbasis Mikrokontroler”, CITISEE 2017, ISBN: 978-602-60280-1-3.

Yusuf, S.R.F. (2020). “Perancangan Smart Laundry Berbasis Internet Of Things Menggunakan Sensor Hujan Dan Sensor Cahaya”, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muria Kudus.




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v2i1.6405

Article Metrics

Abstract views : 707| PDF views : 903

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.