SISTEM INFORMASI UNTUK WISATA DI KUDUS BERBASIS TEKNOLOGI WEB SEMANTIK

Ahmad Ahsana Taqwim
Mukhamad Nurkamid
Rizkysari Meimaharani

Abstract


Kudus merupakan kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak wisata alam, yang semakin banyak seiring bertambahnya tahun. Akan tetapi tidak semua lokasi wisata di kota Kudus di ketahui oleh wisatawan. Hal ini karena informasi yang beredar masih sedikit dan kurang lengkap. Oleh karena itu menjadi penting adanya sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan rinci untuk tempat wisata di kota Kudus. Penelitian ini membahas tentang perancangan teknologi semantik pada pencarian tempat wisata di kota Kudus. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan sebuah model sistem pencarian yang lebih efektif dengan menggunakan ontologi sebagai media penyimpanan datanya dan SPARQL sebagai queri untuk menampilkan informasinya. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi sederhana yang menyajikan informasi untuk wisata di kabupaten Kudus berbasis teknologi semantic web yaitu menggunakan pendekatan ontologi sebagai konsuptal untuk menyimpan datanya dan RDF/OWL sebagai format bahasa yang digunakan dilingkungan web untuk distribusi data.


Keywords


Web Semantik, Ontologi, Wisata

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ARIF RAKHMAN HAKIM. 2019. “Model Ontologi Varietas Kelapa Sawit Sebagai Dasar Sistem Berbasis Pengetahuan Riset Perkebunan.” Jurnal Teknologi Industri Pertanian 29(2): 106–13.

BADRON, YUNIZAR; AGUS, FAHRUL; HATTA, HELIZA RAHMANIA. 2017. “Studi Tentang Pemodelan Ontologi Web Semantik Dan Prospek Penerapan Pada Bibliografi Artikel Jurnal Ilmiah.” Basic Education 2(1): 2338–5081. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/135/130.

Baskoro, Yusuf Suryo et al. 2018. “Ontologi Pada Domain Kriminalitas Kepolisian.” Telematika 15(01): 13–29.

BUDIHATMOJO, HERNANTYO. 2020. “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi.” 9: 111–18.

INGAN, RAJA, CIO GINTING, ANISA HERDIANI, AND EKO DARWIYANTO. 2020. “Identifikasi Agenda Pada Berita Pilpres 2019 Berbasis Ontologi.” 7(1): 2399–2408.

WULANDARI, IKA ARTHALIA, GUNA YANTI KEMALA SARI SIREGAR PAHU, AND PUJI RAHAYU. 2020. “Peran Ontologi Dalam Pengembangan Sistem Rekomendasi Pada Domain Online Learning.” Jurnal Komtika (Komputasi dan Informatika) 4(1): 1–8.




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v2i1.6519

Article Metrics

Abstract views : 722| PDF views : 480

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.