SISTEM INFORMASI PENJUALAN GEBYOK UKIR JEPARA BERBASIS WEB DENGAN METODE DOUBLE MOVING AVERAGE

windu aji pramudya
Rizkysari Meimaharani
Mukhamad Nurkamid

Abstract


Gebyok ukir Jepara adalah komoditas yang banyak digemari oleh orang Indonesia, khususnya para penduduk di Pulau Jawa dan Bali. Permintaan gebyok ukir Jepara di pasaran selalu tinggi, menandakan minat pembeli terhadap barang yang ditawarkan masih terus berlanjut. Jumlah ketersediaan barang harus dapat mencukupi permintaan yang ada, sehingga bisa menghasilkan profit yang maksimal. Barang yang tersedia hendaknya tidak terlalu banyak menumpuk karena lebih besar daripada permintaan pasar, maupun terlalu sedikit hingga tidak sanggup memenuhi permintaan. Pemilik usaha akan sangat diuntungkan dengan penggunaan sistem informasi peramalan penjualan untuk melakukan olah data penjualan dan transaksinya. Metode Double Moving Average (DMA) merupakan metode yang dapat membantu dalam meramal persediaan barang untuk masa yang akan datang, sehingga pemilik usaha gebyok ukir Jepara dapat menentukan pengadaan barang sesuai dengan permintaan pasar, serta dapat mengetahui jumlah penjualan saham yang dibutuhkan. Data yang dibutuhkan untuk diolah dalam sistem informasi peramalan penjualan ini adalah informasi penjualan barang pada periode sebelumnya, yang kemudian diolah hingga didapatkan hasil perkiraan jumlah permintaan barang di periode berikutnya.


Keywords


Sistem Informasi; DMA; Ukir Gebyok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfarizi, S., Mulyawan, A. R. and Basri, H. (2018) ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Uml (Unified Modelling Language) Pada Cv Harum Catering Karawang’, Ijns.org Indonesian Journal on Networking and Security, 7(4), pp. 2302–5700.

Kurniawan, S. R. and Dinata, Y. M. (2019) ‘Rancang Bangun Website Marketplace Untuk Transaksi Figure dan Model Kit Bekas Menggunakan Framework CodeIgniter’, 05(01), pp. 32–41.

Putra, M. Y. (2020) ‘Cara sitasi: Putra MY. 2020. Responsive Web Design Menggunakan Boostrap Dalam Merancang Layout Web’, Information System for Educators and Professionals, 5(1), pp. 61–70.

Suhartini, Sadali, M. and Putra, Y. K. (2020) ‘Sistem Informasi Berbasis Web Sma Al- Mukhtariyah Mamben Lauk Berbasis Php Dan Mysql Dengan Framework Codeigniter’, Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi, 3(1), pp. 79–83.

Wahyudi, R., Utami, E. and Arief, M. R. (2016) ‘Sistem Pakar E-Tourism Pada Dinas Pariwisata D . I . Y Menggunakan’, Jurnal Ilmiah DASI, 17(2), pp. 67–75.

Yani, J. A. et al. (2020) ‘Penerapan Sistem Informasi Penjualan Dengan Platform E-’, SINTECH (Science and Information Technology), 3(1), pp. 59–70.

Yusuf, H. A., Djakaria, I. and Resmawan, R. (2020) ‘Penerapan Metode Double moving average Untuk Meramalkan Hasil Produksi Tanaman Padi di Provinsi Gorontalo’, d’CARTESIAN, 9(2), p. 92. doi: 10.35799/dc.9.2.2020.28377.




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v3i1.8460

Article Metrics

Abstract views : 294| PDF views : 263

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.