PEMANTAU ARUS LISTRIK PADA STOPKONTAK BERBASIS MIKROKONTROLER

Galih Setiadeka

Abstract


Banyak peristiwa kebakaran yang sumbernya berasal dari stopkontak karena faktor kelalaian  seperti lupa untuk mencabut perangkat elektronik yang masih terhubung stopkontak dan menggunakan beban perangkat elektronik melebihi spesifikasi dari stopkontak yang digunakan. Pada penelitian ini mempunyai tujuan untuk untuk merancang bangun suatu alat yang dapat memantau dan membatasi arus listrik yang mengalir menuju stopkontak. Perancangan alat ini menggunakan sensor PZEM-004T sebagai pengukur arus dan tegangan listrik serta menggunakan aplikasi blynk sebagai sarana untuk pemantauan dari jarak jauh. Berdasarkan hasil pengujian sensor PZEM-004T memiliki tingkat akurasi rata-rata dalam pengukuran arus listrik sebesar 99,08%, dan memiliki tingkat akurasi rata-rata dalam pengukuran tegangan listrik sebesar 98,37% dibandingkan dengan alat ukur standar.


Keywords


Pemantau Arus; Stopkontak; PZEM-004T; Blynk.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Ferdyansyah F dkk. Alat Pendeteksi Kebakaran dan Pemadam Api Otomatis Menggunakan Kontrol Arduino. J Mech Eng Mechatronics ISSN. 7(2):77 – 89.

[2] Sunu D. https://metro.tempo.co/read/1624088/6-tewas-terjebak-kebakaran-di-tambora-polisi-pemilik-kamar-kos-lupa-cabut-kipas-angin, dikutip pada tanggal.




DOI: https://doi.org/10.24176/elkon.v4i1.10903

Article Metrics

Abstract views : 7| PDF views : 2

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEKSASI

                                  fortei-images

     

   

Flag Counter

 

Lisensi Creative Commons
Elkon: Jurnal Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Dedicated to: