Rancang Bangun Alat Pemilah Buah Tomat Berbasis Arduino


Abstract


Kebutuhan bahan pokok di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Khususnya untuk kebutuhan buah tomat yang setiap hari dibutuhkan hampir semua masyarakat Indonesia. Buah tomat memiliki beberapa kegunaan jika dilihat dari warnanya. Tapi sebagian besar petani atau pedagang masih menggunakan cara manual untuk memilah buah tomat tersebut. Mulai dari memetik tomat terlebih dahulu kemudian memilahnya berdasarkan warnanya. Akibatnya untuk memenuhi jumlah kebutuhan yang ada, petani mengalami beberapa kendala. Oleh karena itu, dari masalah tersebut dibuatkan alat yang dapat mensortir buah tomat berdasarkan warna secara otomatis menggunakan sensor sebagai pendeteksi warna dan arduino sebagai pusat pengendali alat tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu “Research And Development”. dalam pembacaan warna buah menggunakan sensor TCS3200, motor servo sebagai pemilah buah dengan 3 kategori kematangan dan menambahkan sensor ultrasonik sebagai pembaca gerak buah tomat agar berurutan. Telah berhasil dibuat alat pemilah buah tomat untuk memudahkan dalam memilah secara otomatis berdasarkan warna menggunakan sensor TCS3200 berbasis arduino uno. Hasil penelitian dilakukan pengujian 10 tomat dengan tingkat kematangan yang berbeda-beda terdiri 3 tomat matang, 4 tomat setengah matang, 3 tomat mentah. Dalam pembacaan warna tomat yang gagal disebabkan pada warna tomat yang kurang padat atau warna tomat tersebut sedikit menyerupai dengan kematangan yang lain sehingga nilai frekuensi RGB mendekati. Untuk pengujian tomat matang tidak ada yang gagal, untuk tomat setengah matang ada 1 yang gagal, untuk tomat mentah ada 1 yang gagal artinya dalam pengujian dengan 10 tomat tingkat akurasi sensor TCS3200 80%.


Keywords


Pemilah Buah; Tomat; Sensor TCS3200; Arduino

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Aprillia R, Safitri SR. Alat pendeteksi kematangan buah berbasis arduino alat pendeteksi kematangan buah berbasis arduino. Vol. 8. p. 74–80.

[2] Rusman J, Pasae N. Prototype Sistem Penyortir Buah Kopi Arabika Berdasarkan Tingkat Kematangan Menggunakan Metode Support Vector Machine. Teknika. 12(1):65–72.




DOI: https://doi.org/10.24176/elkon.v4i1.12125

Article Metrics

Abstract views : 62| PDF views : 31

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEKSASI

                                  fortei-images

     

   

Flag Counter

 

Lisensi Creative Commons
Elkon: Jurnal Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Dedicated to: