KONTROL KADAR PH DAN KETINGGIAN AIR PADA KOLAM IKAN NILA BERBASIS IOT

Nur Sholikin
Imam Abdul Rozaq
Mohammad Iqbal
Noor Yulita Dwi Setyaningsih

Abstract


Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan ikan nila, antara lain  kondisi lingkungan dan kualitas air yang baik. Untuk menjaga kondisi kualitas air yang baik, air dilakukan pemantauan dan pengendalian mutu. Seiring dengan perkembangan teknologi, hal ini penelitian bertujuan untuk membuat prototipe otomatisasi untuk tingkat pH dan tingkat air kolam yang dipantau online melalui Thinger.io,. Hasil dari alat ini memudahkan pembudidaya ikan nila untuk memantau kondisi pH dan kadar air kolam. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan level 3 dimana metode ini melakukan penelitian dan pengujian produk dalam rangka mengembangkan produk yang sudah ada. Melalui pengembangan, diharapkan produk yang sudah ada menjadi lebih efektif dan efisien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil pengujian sensor error 0,07% dengan akurasi 99,93% untuk ketinggian air, dan error 0,02% dengan akurasi 99,98% untuk pH air. Menguji tampilan LCD antara tampilan web Thinger.io mendapatkan kesalahan 0% dengan akurasi 100%. Untuk menguji seluruh sistem, diperoleh hasil linier dimana sistem mampu menstabilkan pH dan ketinggian air sesuai dengan parameter yang ditentukan yaitu dengan pH antara 6,5 - 8,6 dan ketinggian air minimum 12 cm.

Keywords


Monitoring, pH, Ketinggian Air, Thinger.io.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alvaro Luis Bustamante, M. A. (2019). Thinger.io: An Open Source Platform for Deploying Data Fusion Applications in IoT Environments. Applied Artificial Intelligence Group, 2-23.

Budidaya, D. U. (2013). Usaha Pembesaran Ikan Nila Skala Rumah Tangga. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, 1-2

Eltra E. Barus, A. C. (2018). Otomatisasi Sistem Kontrol pH Dan Informasi Suhu Pada Akuarium Menggunakan Arduino Uno Dan Raspberry Pi 3. Jurnal Fisika Sains dan Aplikasinya, 1-9.

KBBI. (2021, 2 14). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diambil kembali dari kbbi: https://kbbi.web.id/otomatisasi

Permatasari, D. W. (2012). Kualitas Air Pada Pemeliharaan Ikan Nila Oreochromis sp Intensif Di Kolam Departement Budidaya Perairan Institut Pertanian Bogor. Institut Pertanian Bogor, 35.

Sriani. (2019). Pemanfaatan Sistem Pengendali Water Level Control Untuk Budidaya Ikan Gurame Pada Kolam Terpal Menggunakan Logika Fuzzy Berbasis Mikrokontroler. Journal of Islamic Science and Technology Vol. 5, No.1, Juni 2019, 47-57.

Triyanto Pangaribowo, K. (2018). Sistem Monitoring Kualitas Air Pada Kolam Ikan Melalui Pengukuran kadar pH Berbasis Android. Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu Buana, 1 - 4.

Y Priyanto, M. d. (2016). Pengaruh Pemberian Daun Ketapang (Terminalia catappa. Jurnal Pertanian, 44-50.

Yuliani, S. (2015). Teknik Polikultur Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) Dan Ikan Nila (Oreochromis Nilaticus) Di Instalasi Budidaya Air Payau , Kecamatan Deket Lamongan. Perpustakaan Universitas Airlangga, 81.




DOI: https://doi.org/10.24176/elkon.v1i1.6961

Article Metrics

Abstract views : 1682| PDF views : 650

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEKSASI

                                  fortei-images

     

   

Flag Counter

 

Lisensi Creative Commons
Elkon: Jurnal Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Dedicated to: