APLIKASI ANDROID UNTUK INSPEKSI DAN SISTEM INFORMASI EQUIPMENT MAIN PLC 08

Didik Prastyanto
Imam Abdul Rozaq
Solekhan Solekhan

Abstract


Salah satu kegiatan penting perawatan instrumen dan DCS di PT. Pabrik Semen Gresik Rembang adalah inspeksi. Digitalisasi data perlu dilakukan agar dapat mengurangi penggunaan kertas dan mempercepat pembukaan informasi peralatan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis berinisiatif untuk membuat sebuah aplikasi Android untuk pemeriksaan dan sistem informasi peralatan PLC 08 Utama dengan teknologi NFC dan QR Code di PT. Pabrik Semen Gresik Rembang. Aplikasi Android dibuat menggunakan MIT App Inventor. Basis data inspeksi adalah Firebase dan Google
Spreadsheet. Untuk data gambar diagram garis tunggal, lembar data, dan SOP disimpan di database Google Drive. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan keluaran berupa aplikasi Android untuk inspeksi dan peralatan sistem informasi PLC 08 Utama dengan teknologi NFC dan QR Code di PT. Pabrik Semen Gresik Rembang. Teknologi pembaca NFC telah bekerja dengan baik dan akurat dengan kecepatan rata-rata 0,43s dan akurasi 100% mendekati aplikasi pembaca NFC Tools, untuk teknologi pembaca Kode QR di aplikasi juga telah bekerja dengan baik dan akurat dengan waktu rata-rata 2,872s dan akurasi 100 % dekat dengan aplikasi pembaca Kode QR yang ada. Aplikasi berhasil menampilkan informasi pada peralatan PLC Utama 08 dalam waktu rata-rata: laporan kondisi terbaru untuk peralatan 0.806s, formulir inspeksi 1.304s, gambar diagram garis tunggal 21.496s, datasheet 19.158s dan SOP 19.648s. Berhasil mengirim data inspeksi ke Google Drive dan database Firebase dengan benar dalam waktu rata-rata 1.5184 detik.


Keywords


inspeksi, nfc, qrcode, aplikasi android, app inv

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Febrianto, W., Adianto, A. & Dermawan, D., 2018. PERENCANAAN SISTEM INSPEKSI APAR DAN HYDRANT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN QR CODE DI PT. PETRO JORDAN ABADI. Seminar

Nasional K3 PPNS, 2(1), pp. 51-57.

Hery, Nathanael, J. & Widjaja, A. E., 2021. Pengembangan Sistem Informasi Gereja Berbasis Web Untuk

Mendukung Kegiatan Jemaat Gereja Kristen XYZ. Jurnal ISD, 2(1), pp. 25-33.

Kong, S.-C. & Abelson, H., 2019. Computational Thinking Education. Singapore: Springer Nature Singapore Pte Ltd..

Kurihara, A., Sasaki, A., Wakita, K. & Hosobe, H., 2015. A Programming Environment for Visual Block-Based

Domain-Specific Languages. Tokyo, Procedia Computer Science, pp. 287-296.

M. Voigt & F.L. Smidth, 2002. Total Integrated Device Operation Network (TIDON) [for cement plant automation]. Jacksonville, IEEE.

Priantoro, R. N. A., 2013. PEMILIHAN KONTROL RANCANGAN ALAT UKUR WEIGH FEEDER C1

MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING DI AREA 41 (FINISH MILL) PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) Tbk., Gresik: Universitas Muhammadiyah Gresik.

Semen Gresik, 2018. Company Profile, Rembang: PT. Semen Gresik.




DOI: https://doi.org/10.24176/elkon.v1i1.6962

Article Metrics

Abstract views : 540| PDF views : 235

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEKSASI

                                  fortei-images

     

   

 

Lisensi Creative Commons
Elkon: Jurnal Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Dedicated to: