MONITORING KADAR GARAM SERTA PEMBERIAN PAKAN PADA TAMBAK IKAN BANDENG BERBASIS IOT

Ali Anshori

Abstract


Pada saat ini sering terjadi kematian ikan bandeng yang disebabkan kadar garam terlalu tinggi pada pembudidaya ikan bandeng di tambak.kadar garam membuat pertumbuhan ikan bandeng terhambat. Ikan bandeng bisa hidup di kisaran 60 ppt. Salinitas optimal dalam kisaran 15-30 ppt. Metodologi yang akan dipakai pada penelitian ini adalah “Research And Development” yang berarti penelitian dan pengembangan. Alat ini mengunakan nodemcu ESP8266 sebagai kendali utama, sensor salinitas untuk membaca kadar garam, sensor ultrasonik HC – SR04 sebagai menghitung jarak dalam pakan, RTC untuk jadwal pakan, LCD untuk menampilkan kadar garam pada sensor salinitas, menampilkan jadwal pakan ikan, menampilkan jam, menampilkan jarak pakan pada wadah ikan, pompa DC untuk memompa air tawar dan air asin. Hasil penelitian ini adalah monitoring kadar garam serta pemberian pakan dan monitoring menggunakan MIT App inventor. Sistem pemberian pakan secara otomatis sesuai jadwal yang telah Pengendalian kedua pompa air tawar,air asin secara manual menggunakan MIT App inventor. Sumber tegangan menggunakan aki 12 volt dan pengisian aki menggunakan panel surya dengan memanfaatkan panas matahari. Aki dapat mensuplay kedua pompa selama kurang lebih 7 jam.


Keywords


Monitoring kadar garam; pakan; tambak ikan bandeng; IoT; solar cell.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Saputra DA, Kom S, Eng M, Utami N. Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Berbasis Mikrokontroler. J Tek Elektro Dan Komput. 4(7):54–64.

[2] Setiawan Y, Tanudjaja H, Octaviani S. Penggunaan Internet Of Things (Iot. Untuk Pemantauan Dan Pengendali Sist Hidroponik. 20(2):175–182.

[3] Dewi Lusita Hidayati Nurul, Rohmah F Mimin, Z. D. (2019). Prototype Smart Home Dengan Modul Nodemcu Esp8266 Berbasis Internet Of Things (Iot). Jurnal Teknik Informatika, 3.




DOI: https://doi.org/10.24176/elkon.v4i1.9800

Article Metrics

Abstract views : 7| PDF views : 2

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEKSASI

                                  fortei-images

     

   

Flag Counter

 

Lisensi Creative Commons
Elkon: Jurnal Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Dedicated to: