Pengembangan Engklek Kedamaian Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Remaja Awal
Fajar Wahyu Prasetyo, Agus Mursidi
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektifan engklek kedamaian terhadap peningkatan kesehatan mental remaja awal di Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian menggunakan metode research and development yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Hasil validasi ahli materi sebesar 90,3%, ahli media sebesa 91,62 dengan kriteria “Sangat Layak”, dan praktisi guru BK sebesar 86,69% dengan kriteria “Layak”. Diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka Ho di tolak dan Ha diterima, yang menunjukkan bahwa ada perbedaan antara hasil prestest dan posttest nilai kesehatan mental remaja awal. Proses siswa dapat mengembangkan kesehatan mental dengan bermain engklek kedamaian. Nilai-nilai kedamaian yang diintegrasikan kedalam permainan engklek dapat mengembangkan kesehatan mental siswa. Saran bagi peneliti berikutnya untuk dapat menguji hasil pengembangan dengan menggunakan metode eksperimen yang lebih luas untuk mengetahui keefektifan produk secara luas. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi para guru BK untuk memberikan media engklek kedamaian pada permasalahan kesehatan mental di sekolah.