PENDEKATAN PRINSIP BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI ANAK USIA DINI
Muhammad Akil Musi
Widia Winata
Mulyadi Mulyadi
Abstract
Peningkatan kualitas kesadaran diri merupakan aspek dalam ranah perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan konseling untuk meningkatkan kesadaran diri usia dini usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang analisis dengan model analisis interaktif yang disajikan dengan kriteria penilaian dan pencapaian dalam bentuk persentase. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara dan teknik dokumen sebagai pendukung penelitian dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan konseling merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kesadaran diri anak dengan tetap memperhatikan prinsip bimbingan dan konseling.