EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIER SISWA

Silvia Yula Wardani

Sari


Pendidikan di SMA bertujuan untuk menyiapkan para siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, sekaligus menyiapkan para siswa yang akan langsung bekerja apabila telah menyelesaikan pendidikan di SMA. Pengalaman di lapangan memperlihatkan masih banyak siswa yang bingung memilih jurusan/program studi yang akan dimasuki terutama bagi para siswa SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan informasi untuk meningkatkan pemahaman karier siswa SMA Negeri 1 Wungu.

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Wungu dengan desain penelitian pre-experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis yaitu skala pemahaman karier. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test.

Hasil penelitian menunjukkan layanan informasi efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMA terbukti setelah uji hipotetik  dengan teknik analisis Wilcoxon Signed Rank Test nilai AsympSig (2-tailed) / asympiotic significance 0.012, dapat disimpulkan bahwa layanan informasi untuk meningkatkan pemahaman karier siswa SMA Negeri 1  Wungu di Kabupaten Madiun. Disarankan untuk meningkatkan pelayanan bimbingan dan konseling perlu pengembangkan layanan bimbingan dan konseling salah satunya adalah layanan informasi.



DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v3i2.1725

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

Indexed by:

 Tools:

 

Anti Plagiarism:

 

 Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: