LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT MASUK SEKOLAH (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015)

Nurdjana Alamri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena keterlambatan siswa
Kelas X SMA 1 Gebog yang semakin sering terjadi. Tujuan penelitian
ini adalah mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok
dengan teknik self management untuk mengurangi terlambat masuk
sekolah pada siswa Kelas X SMA 1 Gebog. Ada 8 siswa sebagai
subjek penelitian yang dipilih berdasarkan frekuensi keterlambatan
masuk sekolah. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus dan di
masing-masing siklus terdapat 3 kali pertemuan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada pra siklus skor rata-rata adalah 41 menurun
pada siklus I menjadi 28,63 dengan kategori cukup, dan pada siklus II
menjadi 13,13 atau sangat rendah dengan kategori sangat baik. Ada
penuruanan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 15,5 atau secara
keseluruhan 27,88. Sehingga hipotesis tindakan dapat diterima, karena
ada peningkatan dari indikator keberhasilan.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.259

Article Metrics

Abstract views : 723| PDF views : 8735

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.