MODEL LAYANAN INFORMASI KARIR DENGAN TEKNIK FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DI KABUPATEN DEMAK

Laelatul Anisah

Abstract


Masalah dari penelitian ini adalah layanan informasi karir dilaksanakan kurang maksimal yang mengakibatkan siswa kurang dalam mendapatkan informasi khususnya dalam bidang karir sehingga siswa tidak dapat menetapkan tujuan karirnya. Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui kondisi faktual pelaksanaan layanan informasi karir di Kabupaten Demak, (2) mengetahui kondisi faktual tingkat perencanaan karir siswa di SMK N 1 Sayung, (3) menghasilkan model layanan informasi karir dengan teknik field trip untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMK, (4) mengetahui keefektifan model layanan informasi karir dengan teknik field trip untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMK N 1 Sayung. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R And D). Hasil uji coba lapangan menunjukkan tingkat perencanaan karir siswa mengalami peningkatan. Skor pre test 113 poin sedangkan skor post test 149 poin sehingga meningkat sebesar 36 poin. Hal ini menunjukkan bahwa model yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan perencanaan karir.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.292

Article Metrics

Abstract views : 2114| PDF views : 1960

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.