PELAKSNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA CERDAS ISTIMEWA DI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA

Tri Sutanti

Abstract


Siswa Cerdas Istimewa tidak hanya membutuhkan pengembangan pada aspek intelektual tetapi juga membutuhkan pengembangan pada aspek afektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok pada siswa cerdas istimewa di SMA Negeri kota Yogyakarta dan Bagaimana deskripsi proses layanan konseling kelompok pada siswa Cerdas Istimewa di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengambilan sampel purposive sampling yakni dua sekolah SMA Negeri di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok yang diberikan pada siswa CI di SMA Negeri Yogyakarta masih banyak ditemui sejumlah kelemahan. Kelemahan tersebut terdapat dalam proses persiapan konseling kelompok, pelaksanaan konseling kelompok, dan dalam evaluasi pelaksanaan layanan konseling kelompok dapat dikatakan belum optimal. Maka layanan konseling kelompok pada siswa Cerdas Istimewa di SMA Negeri Yogyakarta masih membutuhkan upaya perbaikan.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.293

Article Metrics

Abstract views : 1330| PDF views : 1200

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.