Pengembangan Tes Potensi Keberhasilan Akademik pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling

Adi Atmoko

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumenyang valid dan reliabeluntuk mengukur kemampuan potensial kognitif mahasiswa dalam memprediksi keberhasilan akademik pada mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling FIP UM. Penelitian dilaksanakan dengan metode pengembangan tes mulai dari konseptualisasi tes, penulisan dan review butir tes, ujicoba lapangan, dan analisis hasil ujicoba. Ujicoba dilaksanakan kepada 83 responden mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling angkatan tahun 2014, 2015 dan 2016 (semester 1, 3 dan 5). Data dianalisis secara klasik untuk menentukan tingkat kesulitan, daya beda, dan distraktor soal,validitas butir, dan reliabilitas tes.

Hasil penelitian,diperoleh 55 butir soal yang dirakit ulang yang terdiri dari aspek analogi verbal 10 butir, numerikal 7 butir, logika verbal 11 butir, berpikir analitis 7 butir, kemampuan penyelesaian masalah 10 butir dan kemampuan spasial 10 butir. Rakitan soal terdiri dari 37 butir soal yang memiliki validitas butir ≥ 0,3 dan 18 butir yang memiliki koefisien validitas 0,24 sampai 0,29. Pertimbangannya adalah karena jumlah 37 butir belum mencukupi target, maka ditambah 18 butir soal yang direvisi berdasarkan hasil analisis tingkat kesulitan, daya beda dan distraktor soal. Dari 55 butir tersebut, diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,884 yang tergolong tinggi.

Penelitian ini sangat urgen mengingat semakin kompleksnya tugas-tugas akademik mahasiswa, sehingga instrumen prediktor keberhasilan akademik akan mempermudah bagi jurusan, khususnya bagi dosen mata kuliah dan dosen Penasehat Akademik, dalam memprediksi tingkat keberhasilan akademik mahasiswa. Disarankan pada tahun berikutnya, seperangkat 55 butir tes yang telah dikembangkan tersebut, dilanjutkan untuk uji validitas prediktif bersama faktor non-kognitif lain misalnya kepercayaan diri yang diduga juga mempengaruhi keberhasilan akademik mahasiswa



DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v6i2.2972

Article Metrics

Abstract views : 62|

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.