Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun)

Dahlia Novarianing Asri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran konsep diri siswa, dan faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya konsep diri siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 54 siswa diambil dari 2 kelas di kelas IX. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, sedangkan analisis data menggunakan analisis model interaktif yang dilakukan selama pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (a) sebanyak 68,52% siswa memiliki konsep diri positif, dan 31,48%siswa memiliki konsep diri negatif, (b) terbentuknya konsep diri dipengaruhi oleh faktor kompetensi, pengalaman yang diperoleh selama berinteraksi dengan orang lain, interaksi subjek penelitian dengan lingkungan sosial, dan citra diri, sedangkan faktor jenis kelamin tidak memiliki korelasi dengan tumbuhnya konsep diri dalam diri siswa.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v6i1.4091

Article Metrics

Abstract views : 3674| PDF views : 18913

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL KONSELING GUSJIGANG



View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.