UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI KONSELING KELOMPOK BAGI SISWA XII IPS 6 SMA 2 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sri Marjanti

Abstract


Latar belakang penelitian adalah konsentrasi belajar kelas X IIS 2 rendah. Hal ini disebabkan antara lain kurangnya motivasi belajar siswa, tekanan teman dan faktor keluarga. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dalam membantu siswa untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling melalui 2 siklus. Subyek adalah siswa X IIS 2 SMA 2 Bae Kudus. Hasil penelitian terdapat peningkatan aktivitas peneliti dalam melaksanakan konseling kelompok dari taraf baik (82%) pada siklus I menjadi sangat baik (97%) pada siklus II. Sementara aktivitas siswa pada kategori cukup (64%) pada siklus I menjadi sangat baik (88%) pada siklus II. Konseling kelompok dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa, terlihat dari data pada siklus 1 pada kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi termasuk dalam kategori sangat baik. Sementara situasi konseling kelompok pada kategori cukup (77%) pada siklus I menjadi baik (83%) pada siklus II. Hal ini menunjukkan ada peningkatan signifikan konsentrasi belajar dari siswa kelas X IIS 2 SMA 2 Bae Kudus.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.412

Article Metrics

Abstract views : 5802| PDF views : 5810

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.