PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Fina Fakhriyah
Sumaji -
Mila Roysa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based instruction dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhammadiyah I Kudus. jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Data hasil tes dianalisis dengan uji anava satu jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis yang diamati meliputi; kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis masalah, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan menentukan solusi yang tepat dan menyimpulkan.


Teks Lengkap:

Unduh


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.559

Article Metrics

Abstract views : 821| Unduh views : 775

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.