PICTORIAL RIDDLE MELALUI PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

Siti Masfuah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan metode pictorial riddle melalui pembelajaran ARCS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi berprestasi siswa. Metode pictorial riddle yang digunakan adalah jenis komik sains sederhana yang berisi tentang cerita petualangan yang dihubungkan dengan materi sains. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain one shot case study karena tidak ada kelas kontrol. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Rendeng Kudus yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah metode pictorial riddle dengan jenis komik sains yang diterapkan pada model pembelajaran ARCS, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah dan motivasi berprestasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu sampel yang dibandingkan nilai KKM. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 82,75, sedangkan rata-rata motivasi berprestasi siswa sebesar 80,31. Berdasarkan pengujian hipotesis, rata-rata kemampuan pemecahan masalah dan motivasi berprestasi siswa kelas V SD Negeri 4 Rendeng lebih dari atau sama dengan 75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pictorial riddle melalui pembelajaran ARCS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi berprestasi siswa.


Teks Lengkap:

Unduh


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.563

Article Metrics

Abstract views : 1284| Unduh views : 1345

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.