Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa SMP

Sobirin Sobirin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui signifikansi peningkatan motivasi belajar siswa melalui pemberian Bimbingan Kelompok motivasi belajar kepada siswa SMP Negeri 2 Watukumpul Kab Pemalang. Jenis penlitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan model one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah 7 orang siswa menjadi sumber penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner motivasi belajar. Teknik analisis data mengggunakan analisis deskriptif dan analisis uji beda Wilcoxen. Hasil penelitian terbukti bahwa bimbingan kelompok motivasi belajar secara signifikan meningkat motivasi belajar siswa.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v5i1.6339

Article Metrics

Abstract views : 261| PDF views : 899

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.