Peningkatan Kemampuan Berpikir Divergen Melalui Metode Mind Map Pada Siswa Kelas VII SMP

Ndaru Tri Yanuar

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir divergen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bantarkawung Kab. Brebes, dapat meningkat melalui metode Mind Map. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling (action research) dengan subjek penelitian kelas VII B. Subjek penelitian ini diambil berdasarkan hasil tes berpikir divergen, karena hasilnya sebagian besar kemampuan berpikir divergen kelas VII dalam kategori rendah. Metode pengumpulan data menggunakan tes berpikir divergen yang disusun oleh Budiningrum dkk, Berdasarkan teori Guilford. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara membandingkan skor pretest, posttest I dan posttest II. Indikator keberhasilan penelitian tindakan ini dikatakan berhasil apabila skor tes berpikir divergen siswa yang mencapai kategori tinggi (lebih besar dari 130) sebanyak 70%-80% dari siswa yang mendapat tindakan yaitu dari 23 siswa. Dari hasil uji pretest dapat diketahui bahwa, rata-rata skor kemampuan berpikir divergen siswa berkriteria sedang (124,56), Setelah dilakukan tindakan siklus I,hasil posttest I menunjukan adanya peningkatan skor kemampuan berpikir divergen siswa meningkat menjadi “tinggi” (133,08). Setelah dilakukan tindakan siklus ke II menjadi kategori “tinggi” dengan skor (137,65) dan 17 siswa (73,9%) sudah mencapai kategori tinggi. Dengan demikian dapat diartikan adanya perbedaan setelah mendapatkan tindakan pada siklus I dan siklus II, dalam meningkatan kemampuan berpikir divergen siswa kelas VII Negeri 1 Bantarkawung Brebes melalui metode Mind Map.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v5i1.6343

Article Metrics

Abstract views : 119| PDF views : 177

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.