Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Siswa Menggunakan Metode Role Play Pada Siswa Kelas VIII SMP

Marina Sandra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa kelas VIII  SMP Negeri 1 Brati menggunakan metode role play. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang dikategorikan memiliki tingkat komunikasi antar pribadi rendah dan sangat rendah. Dari 12 siswa ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang terdiri dari 6 siswa dan kelompok kontrol yang terdiri dari 6 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala komunikasi antar pribadi yang diadaptasi dari Damayanti (2014) dengan berdasarkan teori DeVito (2011) yang terdiri dari 45 item. Dalam penelitian ini, kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan metode role play sebanyak 6 kali pertemuan. Teknik analisis yang digunakan adalah Mann-Whitney Test melalui SPSS for Windows 26.0. Perbedaan antara Mean Rank nilai pretest (3,50) dengan nilai posttest (9,50) pada kelompok eksperimen diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) 0,004 kurang dari 0.05. Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan komunikasi antar pribadi antara Mean Rank nilai pretest (3,50) dengan nilai posttest (9,50) pada kelompok eksperimen. Dengan demikian, metode role play telah meningkatkan secara signifikan komunikasi antar pribadi siswa kelas VIII  SMP Negeri 1 Brati.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v6i1.6344

Article Metrics

Abstract views : 143| PDF views : 120

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.