Meningkatkan Sikap Empati Terhadap Teman Sebaya Melalui Teknik Modeling Pada Siswa Kelas XI SMA

Wahida Lailatul Liza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi Teknik Modeling dalam meningkatkan Sikap Empati Siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Pekalongan yang berjumlah 13 orang siswa yang masuk kedalam kategori sikap empati rendah dan sangat rendah yang ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan instrument skala empati berdasarkan Eisenberg (2002). Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan pretest dari kedua kelompok eksperimen dan kontrol yang menghasilkan p = 0.566 lebih dari 0,050, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian eksperimen dapat dilanjutkan. Hasil analisis data setelah posttest, menghasilkan signifikansi peningkatan antara kelompok eksperimen pretest dengan kelompok eksperimen posttest diperoleh nilai Asymp.Sig.2-tailed adalah 0,002 kurang dari 0,05 dengan nilai mean reank pretest kelompok eksperimen 4.00 dan nilai posttest kelompok eksperimen 11.00, sehingga dapat dikatakan bahwa ada peningkatan yang signifikan antara pretest kelompok eksperimen sebelum diberikan treatment dan posttest kelompok eksperimen setelah diberikan treatment. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang di ajukan “Teknik modeling dapat meningkatkan sikap empati secara signifikan terhadap teman sebaya pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Pekalongan” diterima.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v6i1.6345

Article Metrics

Abstract views : 348| PDF views : 1196

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.