Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas VIII SMP Melalui Tehnik Token Economi

Sischa Aryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi peningkatan Komunikasi Interpersonal melalui teknik Token Economy  pada peserta didik kelas VIII  SMP Batik Program Khusus Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII  SMP Batik Program Khusus Surakarta tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 9 peserta didik yang memiliki Komunikasi Interpersonal rendah yang ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan instrumen skala Komunikasi Interpersonal berdasarkan De Vito (2011) yang diadopsi dari Damayanti (2014) Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan pretest dari kedua kelompok eksperimen dan kontrol yang menghasilkan p = 0,755 lebih besar dari 0,050, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian eksperimen dapat dilanjutkan. Hasil analisis data hasil Pretest dan Postest kelompok ekperimen dengan menggunakan teknik analisis Mann-Whitney Test maka diperoleh hasil Asymp. Sig, 2-Tailed 0.002 lebih kecil dari 0.050 dengan Mean Rank Pretest kelompok ekperimen adalah 5,61 dan Mean Rank Postest kelompok ekperimen adalah 13,39. Jadi, terdapat peningkatan Komunikasi Interpersonal yang signifikan setelah kelompok ekperimen menerima Token Economy.. Artinya hipotesis yang diajukan berbunyi teknik Token Economy dapat  meningkatkan secara signifikan Komunikasi Interpersonal peserta didik kelas VIII  SMP Batik Program Khusus Surakarta, dapat diterima

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v5i1.6348

Article Metrics

Abstract views : 148| PDF views : 119

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.