Peningkatan Kontrol Diri Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Pada Siswa Kelas VIII SMP

Baety Isnaeni Qurrota’ayun

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kontrol diri melalui bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sawojajar. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequevalent control group design yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek penelitian berjumlah 13 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu 6 orang siswa sebagai kelompok kontrol dan 7 siswa menjadi kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap berdasarkan teori dari Averill, dengan jumlah 26 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan Mann Whitney melalui program SPSS for Windows Release 26.0. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh Asymp. Sig 2-tailed sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,050 dengan mean rank pretest kelompok eksperimen 4,00  dan mean rank posttest kelompok eksperimen 11,00, yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan setelah kelompok eksperimen diberikan treatment. Posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, dibuktikkan signifikan yang berbeda ditunjukkan dari Asymp. Sig. 2-tailed sebesar 0,008 lebih kecil dari 0,050 dengan mean rank posttest kelompok kontrol 4,00 dan mean rank posttest kelompok eksperimen 9,57. Dengan demikian Hi diterima, bahwa terdapat peningkatan yang signifikan kontrol diri melalui bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sawojajar

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v6i1.6349

Article Metrics

Abstract views : 500| PDF views : 638

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.