Penggunaan Teknik Diskusi Kelompok Dalam Upaya Mengurangi Perilaku Membolos Siswa SMA

Yosep Ariyanto

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk menguji layanan teknik diskusi kelompok dalam menurunkan secara signifikan perilaku membolos siswa kelas SMA Kristen 1 Salatiga tahun ajaran 2019/2020.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan skala perilaku membolos yang disusun oleh Kristi (2009). Sedangkan subjek penelitian ini adalah 12 siswa yang hasil pre-test skala membolosnya tinggi.Dari 12 siswa dibagi dalam 2 kelompok, yakni 6 siswa kelompok eksperimen dan 6 siswa kelompok kontrol dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan True Exsperimental Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non-parametrik dengan uji Mann Whitney. Hasil analisis data diperolehAsymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.004 kurang dari 0.01 dan skor mean rank pre test kelompok eksperimen sebesar 9.50 danmean rank post test pada kelompok eksperimen sebesar 3.50. Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan antara skor post test kelompok kontrol dan eksperimen, serta terjadi penurunan perilaku membolos yang sangat signifikan. Artinya bahwa hipotesis yang berbunyi“Penggunaan Teknik Diskusi Kelompok Dalam Upaya Mengurangi Perilaku Membolos Siswa”diterima.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v5i1.6350

Article Metrics

Abstract views : 167| PDF views : 205

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.