Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Kelas VIII SMP

Restu Amalia Safitri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui signifikansi peningkatan kepedulian sosial melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purbalingga Tahun Ajaran 2019/2020 yang diberi layanan dengan yang tidak diberi layanan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk skala kepedulian sosial yang diadaptasi dari teori James E Crandall dengan jumlah 24 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah mann whitney dengan bantuan menggunakan program SPSS for window release 20.0. Dari hasil analisis post-test  yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan kepedulian sosial antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purbalingga Tahun Ajaran 2019/2020. Peningkatan tersebut terlihat dari perbedaan hasil post test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu P = 0.019 kurang dari 0.050. Kategori kepedulian sosial  pada kelompok eksperimen yang diberikan layanan bimbingan kelompok  berkategori tinggi sebesar 87,5%, sedang sebesar 12,5%, dan rendah sebesar 0%. Sedangkan ketegori kepedulian sosial pada kelompok kontrol yang tidak diberikan layanan bimbingan kelompok berkategori tinggi sebesar 25%, sedang sebesar 62,5%, dan rendah sebesar 12,5%, mean rank pre-test kelompok eksperimen adalah 6.12 dan mean rank post-test kelompok eksperimen.nya adalah 11.25, maka ada kenaikan mean rank sebesar 5.13 dengan Asmp.Sig (2-Tailed) 0.019. Artinya ada peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen sebelum mendapatkan layanan dan sesudah mendapatkan layanan. Dengan demikian hal itu menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepedulian sosial siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2019/2020


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v6i1.6352

Article Metrics

Abstract views : 223| PDF views : 599

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.