Peningkatan Kemampuan Perencanaan Karier Melalui Modul Layanan Informasi Karier Berbantuan Komputer Pada Siswa Kelas VIII SMP

Royani Agus Setiya Asih

Abstract


Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Modul layanan informasi karier dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karier pada siswa kelas VIII SMP Sunan Al Anbiya Gondang Pemalang. Subyek penelitian adalah 14 siswa yang memiliki kemampuan perencanaan karier sedang dan rendah yang dibagi dalam dua kelompok secara random yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, setiap kelompok terdiri dari 7 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah .Skala kemampuan Perencanaan Karier Super (Winkel dan Sri Hastuti, 2006) yang terdiri dari 40 item. Setelah uji validitas seluruh item dinyatakan valid dengan reliabel 0.891. Teknik analisis data yang digunakan adalah Mann Whitney dengan bantuan menggunakan program SPSS for windows release 20.0. Dari hasil analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan kemampuan perencanaan karier antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMP Sunan Al Anbiya Gondang Pemalang. Perbedaan tersebut terlihat dari perbedaan hasil post test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu p=0.002 kurang dari 0.050, dengan selisih mean rank 7.00.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v6i1.6355

Article Metrics

Abstract views : 300| PDF views : 791

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL KONSELING GUSJIGANG



View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.