Peningkatkan Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas IX SMP

Mirnawati Isliana

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP NEGERI 4 BELIK. Subyek penelitian adalah 20 siswa yang memiliki perencanaan karier sangat rendah dan rendah yang dibagi dalam dua kelompok secara random yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, setiap kelompok terdiri dari 10 siswa. Kedua kelompok diuji homogenitas menghasilkan p = 0.002 ≤ 0.050 artinya ada perbedaan yang signifikan sehingga penelitian dapat dilanjutkan. Dari hasil analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan perencanaan karier antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMP NEGERI 4 BELIK. Peningkatan tersebut terlihat dari perbedaan hasil post test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu p = 0.002 ≤ 0.050, dengan selisih mean rank 8,2 Kategori kelompok eksperimen terdapat 7 (70%) siswa pada kategori sedang 3 (30%). Skor terendah post test kelompok eksperimen adalah 98 dan skor tertinggi 116 dengan rata-rata post test adalah 108.40 sedangkan pada kelompok kontrol terdapat 1 (10%) siswa pada kategori rendah dan 9 (90%) siswa pada kategori sedang. Skor tertinggi post test kelompok kontrol adalah 65 sedangkan tertinggi 104 dengan rata-rata 96. Sehingga hal itu menunjukkan bahwa ada layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan perencanaan karir siswa kelas IX SMP NEGERI.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v6i2.6356

Article Metrics

Abstract views : 326| PDF views : 748

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.