Meningkatkan Konsep Diri Peserta Didik SMA Melalui Bimbingan Kelompok

Indraswariyanti Hernowo Siwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi peningkatan konsep diri peserta didik kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 6 Surakarta melalui bimbingan kelompok (konsep diri). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dua kali yaitu pengukuran instrumen konsep diri awal dan pengukuran instrumen konsep diri akhir. Pengukuran instrumen konsep diri awal dilaksanakan sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok dan pengukuran instrumen konsep diri akhir setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan memberikan materi konsep diri peserta didik. Instrumen konsep diri peserta didik yang digunakan untuk variabel konsep diri peserta didik yaitu instrument Self Description Questionnaire yang di susun oleh Marsh (1990) dengan jumlah item sebanyak 98 item. Teknik analisa data yang digunakan adalah tehnik uji t (independent samples test) dengan menggunakan program SPSS for Window release 26.0. untuk mengetahui signifikansi peningkatan konsep diri peserta didik kelas XII MIPA 2   SMA Negeri 6 Surakarta melalui bimbingan kelompok (konsep diri) dan teknik uji test (independent samples test) juga untuk mengetahui secara signifikan peningkatan konsep diri peserta didik. Dari analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan ada perbedaan konsep diri peserta didik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol peserta didik kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 6 Surakarta terlihat dari signifikansi uji F hitung = 5.717 dan koefisien signifikan 0,025 kurang dari 0,05 sehingga kegiatan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan secara signifikan terhadap konsep diri peserta didik  kelas XII MIPA 2  SMA Negeri 6 Surakarta.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v6i2.6357

Article Metrics

Abstract views : 187| PDF views : 497

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL KONSELING GUSJIGANG



View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.