Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Teknik Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI SMK

Ivon Norisia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI SMK Negeri Kebasen Kab Banyumas melalui teknik PBL dalam kontek bimbingan kelompok.Penelitian eksperim ini dilakukan pada siswa kelas XI SMK Negeri Kebasen Tahun Ajaran 2019/2020 yang mempunyai kemampuan berfikir kritis rendah. Subyek dalam penelitian ini adalah 10 siswa, yang dibagi dalam dua kelompok yaitu 5 siswa dalam kelompok eksperimen atau kelompok yang mendapat perlakuan, dan 5 siswa dalam kelompok kontrol atau kelompok yang tidak mendapat perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan alat ukur berupa angket berfikir kritis yang diambil dai teori Ennis (2009)yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan quasi exsperimental design.Kelompok eksperimen mendapat perlakuan menggunakan teknik PBL 6 kali pertemuan. Sedangkan untuk kelompok kontrol tidak mendapat perlakuan. Analisis data untuk melihat meningkatkan befikir kritisTwo Independent Sample Test (Mann-Whitney Test) yang diolah menggunakan SPSS for Windows versi 26.0. Hasil analisis diperoleh p=Asymp.Sig.2Tailed 0,009 lebih kecil dari 0,050, sehingga ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah kelompok eksperimen diberi layanan menggunakan teknik PBL dalam kontek bimbingan kelompok. Berdasarkan rata-rata (mean) sebelum dan sesudah eksperimen ternyata ditemukan adanya peningkatan yang signifikan berfikir kritis melalui teknik PBL pada siswa kelas XI SMK Negeri Kebasen. Terbukti dari mean sebelum eksperimen 5,20 setelah eksperimen menjadi 8,00. Berdasarkan hasil analisa data tersebut maka,  tujuan penelitian ini dinyatakan berhasil.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v6i2.6358

Article Metrics

Abstract views : 635| PDF views : 145

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.