KONSELING KELOMPOK DENGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA SEKOLAH DASAR

Sucipto Sucipto

Abstract


Penyesuaian diri amat berhubungan erat dengan sikap sosial individu. Kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan baik tentunya juga akan menampakkan sikap sosial yang baik pula. Sikap sosial yang baik akan membuat individu lebih nyaman dalam berinteraksi dengan orang lain. Sikap itu diwujudkan dari pembiasaan atau yang dilakukan berulang-ulang. Berdasarkan pengumpulan data yang peneliti peroleh, baik dari wawancara dengan guru kelas, melalui observasi dengan siswa-siswa tersebut, diketahui bahwa siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Rendeng Kudus masih mengalami kesulitan dalam hal menyesuaikan diri dan bersikap sosial yang baik, terutama dengan sesama teman. Oleh karena itu peneliti memustuskan untuk melaksanakan layanan konseling kelompok dengan media animasi untuk dapap meningkatkan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan bimbingan konseling dengan dua siklus. Dan pada siklus kedua diperoleh peningkatan yang signifikan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan media animasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa sebanyak 5 siswa (41,7%) dalam kategori sangat tinggi, dan 7 siswa (58,3%) dalam kategori Tinggi.

Teks Lengkap:

Unduh


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.699

Article Metrics

Abstract views : 899| Unduh views : 720

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.