Implementasi Instrumen Gaya Belajar Bobbi DePorter di STAI YPBWI Surabaya
Abstract
Artikel ini membahas tentang penerapan instrumen gaya belajar Bobbi DePorter di STAI YPBWI Surabaya. Gaya belajar adalah variasi cara yang dimiliki seseorang untuk mengumpulkan dan mengolah informasi. Setiap individu memiliki gaya belajar yang berbeda-beda dalam memperoleh dan mengolah informasi. Dengan memahami gaya belajar yang dimiliki, harapannya setiap individu lebih efektif dan efisien dalam memahami informasi khususnya saat belajar. Ada tiga macam gaya belajar menurut Bobbi DePorter, yaitu: (1) gaya belajar visual; (2) gaya belajar auditorial; (3) gaya belajar kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Semester 7 Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAI YPBWI Surabaya. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik sensus. Dari penelitian ini ditemukan mahasiswa dengan kecenderungan gaya belajar viusal sebanyak 54,6%, mahasiswa dengan kecenderungan gaya belajar auditorial sebanyak 22,7%, mahasiswa dengan kecenderungan gaya belajar kinestetik sebanyak 9%, dan mahasiswa dengan kecenderungan gaya belajar campuran sebanyak 13,6%.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v9i1.7363
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic
Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.