Pengembangan komik digital untuk mencegah bullying pada siswa kelas VII

Maulana Ichsan Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan komik digital untuk mencegah bullying siswa kelas VII. Jenis penelitian menggunakan metode research and development yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Hasil validasi ahli media sebesar 92,5%, ahli psikologi pendidikan sebesar 98,4% dan praktisi guru BK sebesar 96,6% dengan kriteria “Baik Sekali”, sehingga dapat disimpulkan bahwa komik digital untuk mencegah bullying layak digunakan.  Proses siswa dapat mencegah bullying dengan membaca komik digital ialah melalui isi pesan informasi-informasi yang terdapat di dalam komik digital yaitu cara-cara menyikapi atau mencegah terjadinya bullying. Melalui sikap tersebut maka siswa sebagai pembaca komik akan mendapatkan keterampilan dalam menghadapi bullying sebelum terjadi atau sudah terjadi. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menguji hasil pengembangan pada artikel ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan komik digital untuk mencegah perilaku bullying. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi para guru BK untuk memberikan media komik digital pada permasalahan bullying di sekolah.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v8i1.7491

Article Metrics

Abstract views : 1029| PDF views : 947

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KONSELING GUSJIGANG



View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.