Strategi AP3 Guru Bimbingan Konseling Terhadap Perencanaan Karir Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi AP3 guru bimbingan konseling terhadap perencanaan karir siswa. Adapun kebaruan penelitian ini terletak pada jenis strategi AP3 yang digunakan guru bimbingan konseling terhadap perencanaan karir siswa. Selain itu, penelitian ini juga berbantukan media pohon karir dan layanan KONSIS dalam perencanaan karir siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Jumlah subjek yang digunakan sebanyak 13 orang, pengumpulan data didapatkan dengan melakukan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan melakukan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang dilakukan guru bimbingan dan konseling terhadap perencanaan karir siswa adalah dengan menerapkan 4 strategi khusus, yaitu 1) Melakukan Assessment; 2) menyusun Program; 3) Pelaksanakan kegiatan; dan 4) Penlilaian/evaluasi kegiatan. Adapun pelaksanaan kegiatan dengan berbantukan media bimbingan konseling seperti pohon karir dan menerapkan layanan konsultasi siswa (KONSIS) untuk membantu para siswa lebih memahami dalam menentukan dan memilih jenis karir yang sesuai dengan bakat, minat serta kemampuannya.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v8i2.7686
Article Metrics
Abstract views : 202|
PDF views : 140
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL KONSELING GUSJIGANG
View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic
Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.