Pengaruh Metode Pembelajaran Online Terhadap Stres Akademik Mahasiswa

Drajat Edy Kurniawan
Arum Setiowati

Abstract


Metode pembelajaran online merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi. Melalui metode pembelajaran online, dosen tidak perlu bertatap muka untuk menyampaikan materi kepada siswa. Salah satu dampak penerapan metode pembelajaran online adalah kesalahpahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan yang menyebabkan gangguan psikologis berupa stres akademik. Gangguan tersebut berdampak pada perilaku belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh metode pembelajaran online terhadap stres akademik mahasiswa. Jumlah responden penelitian adalah 80 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Mengacu pada hasil uji korelasi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,801 > 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,001 sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran online tidak berpengaruh signifikan terhadap stres akademik siswa dimana besaran pengaruhnya hanya 0,1%. Hal ini menjawab hipotesis penelitian dimana terdapat pengaruh metode pembelajaran online terhadap stres akademik siswa tidak terbukti kebenarannya.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v8i1.8030

Article Metrics

Abstract views : 1537| PDF views : 1181

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KONSELING GUSJIGANG



View Jurnal Konseling Gusjigang Statistic

  Flag Counter

Jurnal Konseling Gusjigang by Program Studi Bimbingan dan Konseling University of Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.