PERANCANGAN TRYOUT SYSTEM UNBK UNTUK SMP BERBASIS WEB

Muhammad Murtadlo
Ahmad Jazuli
Alif Catur Murti

Abstract


Perkembangan teknologi di era Industri 4.0 sangat berpengaruh terutama di bidang pendidikan. Tuntutan sumber daya manusia yang mengerti dan bisa menggunakan teknologi menjadi keharusan bagi setiap tenaga pendidik. Sumber pembelajaran dan media sudah banyak tersebar di dunia maya. Tinggal bagaimana tenaga pendidik mampu memanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dari proses pembelajaran.  Sebagai hal yang sederahana penerapan teknologi di bidang pembelajaran adalah memperkaya media pembelajaran yang sesuai melalui internet kemudian ditampilkan ke siswa, sehingga pembelajaran lebih menarik. Dampak yang muncul pula dari industri 4.0 adalah penggunaan teknologi yang memanfaatkan internet untuk mengoperasikan sebuah sistem seperti halnya Pemerintah yang sudah menggunakan ujian komputer berstandar nasional (UNBK) sebagai persyaratan untuk lulus sekolah. Maka dari didalam penelitian ini dikembangkan sebuah sistem perancangan tryout system UNBK untuk smp berbasis web sehingga bisa diakses oleh guru maupun siswa dengan tujuan agar memudahkan siswa saat ujian komputer berstandar nasional (UNBK).

Keywords


industri 4.0, komputer,UNBK, sistem tryout, pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ARIEF, R, M. 2011, Pemprograman Web Dinamis MenggunakanPHP dan MySQL. ANDI : Yogyakarta

BARAKBAH. A.R., 2006, Cluster Analysis, Soft Computation Research Group, EEPIS-ITS, Surabaya.

KENDALL, K., 2011. Systems Analysis And Design. New jersey: Prentice Hall.

MONICA G, 2016, Perancangan Aplikasi Try Out Ujian Nasional Tingkat Sekolah Menengah Atas, Teknik Informatika Universitas Sam Ratulagi Manado, Kampus Unsrat Manado.

NINDYASARI, R., MURTI, A, C., GHOZALI., 2019, ANALISIS QoS (Quality of Service) JARINGAN UNBK DENGAN MENGGUNAKAN MICROTIC ROUTER (Studi Kasus : Jaringan UNBK SMAN 1 Jakenan Pati), Jurnal Ilmiah NERO Vol 4 No 2 pp 109-116.

NUGROHO & BUNAFIT. (2005). Database Relasional dengan MySQL, Penerbit Andi. Yogyakarta

Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0031/P/BSNP/III/2015 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian nasional Tahun Pelajaran 2014/2015.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun, 2005 tentang Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2005/2006.

PRESSMAN, S. R.(2012). Rekayasa Perangkat Lunak – Pendekatan Praktisi Edisi 7- Buku 1. Penerbit Andi. Yogyakarta.

PAKPAHAN, R, Computer-Based National Exam Model: Its Benefits And Barriers, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 1, Nomor 1, April 2016




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i1.4595

Article Metrics

Abstract views : 31| PDF views : 30

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.