PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN FREQUENT PATTERN GROWTH (FP-GROWTH) PADA TOKO KOMPUTER

Erlina Nofianti
Wiwit Agus Triyanto
Noor Latifah

Abstract


Transaksi pemasaran pada Rusdianto Komputer yang banyak setiap hari menghasilkan data tertumpuk pada excel, meskipun tertumpuknya data sudah diarsipkan akan tetapi belum dimanfaatkan untuk penentuan strategi pemasaran. Data Mining merupakan proses penambangan suatu informasi yang terdapat pada himpunan data besar sehingga bermanfaat untuk mendapatkan pengetahuan mutakhir dan bermanfaat dalam mengambil keputusan. Ketatnya dunia persaingan pemasaran PC pada toko komputer, diperlukanlah suatu metode yang terbaik bagi Rusdianto Komputer dalam menentukan strategi pemasaran dengan memanfaatkan keterkaitan produk-produk PC yang dipasarkan. Algoritma untuk mengetahui hubungan antar item menggunakan metode asosiasi, yaitu Algoritma FP-Growth. Sistem yang dibuat dalam menetukan pola asosiasi pada rusdianto komputer berbasis web. Algoritma FP-Growth dapat diterapkan pada transaksi pemasaran sehingga didapatkan suatu hasil analisa pola pembelian konsumen. Pola pembelian yang dihasilkan dapat digunakan sebagai strategi pemasaran rusdianto komputer, yaitu penempatan posisi produk yang sering dibeli secara bersamaan.

 

Kata kunci: Transaksi, Pemasaran, Komputer, Asosiasi, FP-Growth


Keywords


Transaksi, Pemasaran, Komputer, Asosiasi, FP-Growth

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardani, N. R & Fitrina N. (2016). “Sistem Rekomendasi Pemesanan Sparepart Dengan Algoritma FP-Growth”. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, STMIK AMIKOM Yogyakarta, ISSN : 2302-3805.

Fajar Astuti Hermawati. (2013). Data Mining, Andi, Yogyakarta.

Kusrini & Emha, l. T. (2009). “Algoritma Data Mining”. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Sofyan, S. (2016). “Penerapan Data Mining Dalam Pemaketan Produk Menggunakan Association Rule di Primer Koperasi Dharmagati Siliwangi Bekangdam III Siliwangi”. Skripsi. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Sumangut K, Lumenta A & Tulenan V. (2016). “Analisa Pola Belanja Swalayan Daily Mart Untuk Menentukan Tata Letak Barang Menggunakan Algoritma FP-Growth”. Skripsi. Teknik Informatika, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4941

Article Metrics

Abstract views : 188| PDF views : 163

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: