IMPLEMENTASI METODE AHP-TOPSIS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS BANTUAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KOTA TEGAL

Dyah Apriliani - [ https://orcid.org/0000-0002-2851-8616 ]
Indah Dwi Jayanti
Nurul Renaningtias

Abstract


Penentuan bantuan untuk usaha Kecil dan Menengah (UKM) perlu dilakukan sebagai upaya untuk membantu peningkatan produktifitas suatu UKM. Dengan adanya penentuan tersebut, usaha pemerintah dengan memberikan bantuan, penyuluhan maupun pelatihan menjadi tepat sasaran. Ssitem penentuan prioritas bantuan UKM ini digunakan untuk membantu pemerintah dengan memberikan rekomendasi UKM yang kurang produktif, sehingga daat diberikan bantuan, penyuluhan maupun pelatihan sebagai upaya peningkatan produktifitas UKM. Penetuan produktifitas suatu UKM ditentukan oleh beberapa kriteria, dantaranya: omset, aset, jumlah produksi, jumlah permintaan, jumlah penjualan, jumlah tenaga kerja dan juga kualitas produksi. Pembuatan sistem dibuat dengan mengimplementasikan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Metode AHP digunakan untuk melakukan pembobotan terhadap kriteria yang akan digunakan dalam penialian produktifitas UKM, sedangkan metode TOPSIS digunakan untuk menetukan rangking dari masing-masing alternatif sehingga menghasilkan rekomendasi UKM yang produktif dan kurang produktif. Pengujian sistem menggunakan blackbox testing menyatakan bahwa sistem yang dibuat sudah berjalan sesuai dengan fungsinya. Hasil perhitungan yang dihasilak oleh sistem sudah dilakukan ujicoba dengan hasil perhitungan manual, keduanya menunjukkan hasil yang sama.


Keywords


Sistem pendukung keputusan, AHP, TOPSIS, bantuan UKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depkop, “Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Umkm) Dan Usaha Besar (Ub) Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Umkm) Dan Usaha Besar (Ub),” www.depkop.go.id, no. 1, pp. 2009–2010.URL: http://www.depkop.go.id. [Akses 12 November 2019].

I. Sumirah, G. Abdillah, A. Komarudin, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas UMKM di Kabupaten Bandung Barat Menggunakan TOPSIS,” Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 2018.

S. T. P. Dewi, “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS”, Skripsi, Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2013.

A. A. Chamid, A. C. Murti, “Kombinasi Metode AHP dan TOPSIS Pada Sistem Pendukung Keputusan,” Prosiding SNATIF ke-4, 2017.

S. Vandayuli, C. Widayati, “Analisa Perbedaan Proses Pemasaran Yang Berorientasi Pada Hubungan Pelanggan Antara Industri Manufaktur dan Jasa Pada Skala Usah Kecil dan Menengah/UKM,” Jurnal Manajemen, Volume XVII No. 03, Oktober 2013.

I. Hermawan, G. Abdillah, F. Renaldi, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Perusahaan Jasa Pengiriman Terbaik Dengan Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS,” STATMAT (Jurnal Statistika dn Matematika), Vol. 1 No.1, Januari 2019.

W. Purbaratri, Moedjiono, M. F. P. Alam, “Selection of the Best Lecturers using the AHP (Analytical Hierarchy Process) and TOPSIS (The Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution): Case Study of STMIK,” Bit-Tech, Vol. 1 No. 2, Desember 2018.

T. Mardiana, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Asisten Laboratorium Komputer Menggunakan Metode AHP-TOPSIS,” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, Vol. 3 No. 2, Februari 2018.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v2i1.5603

Article Metrics

Abstract views : 296| PDF views : 153

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: