SISTEM INFORMASI PEMBERIAN BANTUAN SOSIAL DI DINAS SOSIAL, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (P3AP2KB) KABUPATEN KUDUS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN NOTIFIKASI SMS

Sonia Shekha Anggriani
Wiwit Agus Triyanto
Diana Laily Fithri

Abstract


Sistem Informasi Pemberian Bantuan Sosial Di Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kudus Berbasis Web Menggunakan Notifikasi SMS” bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem yang dapat memudahkan Pihak Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus dalam memberikan bantuan sosial kepada warga yang berhak menerima bantuan tersebut khususnya pada pemberian santunan kematian, santunan anak yatim dan bantuan sosial bedah rumah. Selain itu juga dapat membantu masyarakat Kabupaten Kudus yang akan mengajukan bantuan sosial ke Dinas Sosial P3AP2KB. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara dengan pihak Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan sistem Waterfall dengan tahapan tahapannya adalah Investigasi, Analisis Sistem, Desain, Implementasi, Maintenance. Perancangan sistem informasi yang digunakan adalah Flow of Document (FOD) dan Unified Modelling Language (UML) yang diharapkan dapat menghasilkan rancangan sistem baru yang lebih baik dan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.


Keywords


giving compensation, waterfall, UML, FOD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Julian, E. 2016. Sistem Informasi Bantuan Sosial Bagian Kesra Setda Kabupaten Sumedang. STMIK Sumedang. Sumedang.

Sukamto, R.A, Shalahuddin, M. (2011). Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika.

Tone, K. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Distribusi Bantuan Sosial Beras Miskin (Studi Kasus Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto). UIN Alauddin. Makassar.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v2i1.5645

Article Metrics

Abstract views : 641| PDF views : 350

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: