SISTEM INFORMASI PEMILIHAN TEMPAT WISATA MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Anindya Khrisna Wardhani
Arlieza Anindyaputri

Abstract


Seiring dengan banyaknya tempat wisata, membuat masalah bagi wisatawan yang ingin memilih restoran. Hal ini bahkan dapat mengambil banyak waktu karena wisatawan dihadapkan pada banyak pilihan dan kurangnya informasi lengkap mengenai tempat wisata tersebut. Oleh karena itu, diperlukan sistem pendukung keputusan untuk membantu wisatawan dalam memilih tempat wisata. Dalam menentukan pemilihan tempat wisata menggunakan metode Weighted Product diperlukan beberapa kriteria menentukan tempat wisata yaitu jarak dari pusat kota, harga tiket masuk dan fasilitas. Sistem pemilihan lokasi wisata dengan metode weighted product diimplementasikan dalam sistem berbasis ponsel. Aplikasi ponsel dibuat untuk memudahkan admin dan pengguna memilih tempat wisata dengan proses yang memasukkan beberapa kriteria yang diinginkan oleh pengguna. Aplikasi ini juga di tambahkan google maps, sehingga pengguna langsung bisa mengetahui tempat wisata yang sudah menjadi pilihannya. Sistem informasi untuk memilih tempat wisata menggunakan weighted product dapat berjalan dengan baik. Pada pengujian black box, sistem dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Pada pengujian beta, diperoleh kesimpulan bahwa  sistem yang dibangun berfungsi sesuai dengan yang diinginkan user dengan skor 78,29%.

 

Kata kunci: weighted product, sistem pendukung keputusan, sistem informasi,

Keywords


technology, informatics, science

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Anindyaputri, C. E. Widodo, J. E. Suseno, “An Integrated Information System for Selection of Areas Tourist Sites Using Clustering and Electre Methods,” Proc. Atlantis Press Vol.165, pp.71-75 , July 2018.

K. Cao, and Z. Yang, “A study of e-commerce adoption by tourism websites in China,” J. Int. of Destin. Mark. & Manage., vol. 5, pp. 283- 289, 2016.

Pareira, O., Santoso, A. J., dan Ardanari, P., Sistem pendukung keputusan pemilihan tempat wisata di timor leste dengan metode electre. Journal Dili Institute of Technology, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, hal 10-15, 2014,

A. Y. Wicaksono, R. Rismanto, and A. Prasetyo, “Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Batu Menggunakan Metode Electre [Development of the Information System Application of Tourist Sites Recommendation in Batu City using Electre Method],” vol. 3, pp. 32-38, 2017.

A. K. Wardhani, C. E. Widodo, J. E. Suseno, “Information System for Culinary Product Selection Using Clustering K-Means and Weighted Product Method,” Proc. Atlantis Press Vol.165, pp.18-22 , July 2018.

Sudyatmika, I W. A., Darmawiguna, I G. M., dan Wirawan, I M. A., Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Android Untuk Penentuan Daerah Tujuan Wisata Di Bali Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Tahani, Jurnal Teknik Informatika., vol. 4, hal 20-27, 2015

Febrianto, R., dan Suharsono N.T., Analisis perbandingan metode simple additive weighting dan metode weighted product untuk menentukan bonus karyawan, Jurnal LPKIA, vol 1, 2017

A. K. Wardhani, E. Lutfina, “Application Culinary Decision Support System in Kudus City with Weighted Product Method Based on Mobile Phone,” Journal of Computer Science an Engineering, Vol.1, February 2020.




DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v2i1.5649

Article Metrics

Abstract views : 147| PDF views : 107

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed:

    

 

Creative Commons License
Anargya : Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: